PIJAT GIGI, APA TUMON

06 Jan 2010

Yogyamu

PIJAT GIGI: APA TUMON ?

Umumnya pijat-memijat lebih diproyeksikan untuk penyembuhan otot. Khususnya otot kaki, tangan, punggung, dan dada. Sekalipun demikian, di Bantul, Yogyakarta ada pelayanan jasa pijat yang dikhususkan untuk menyembuhkan sakit gigi. Mungkin hal demikian terdengar agak asing. Jasa pemijatan untuk penyembuhan sakit gigi ini dilakukan oleh Islamet. Islamet yang tinggal di Dusun Jetis, Sumberagung, Jetis, Bantul ini memulai usaha pemijatan untuk penyembuhan sakit gigi sejak pasca gempa Mei 2006 lalu.

Gempa 2006 yang meluluhlantakkan Bantul, Jogja, dan sebagian Jateng ini menimbulkan penderitaan yang tak terperikan. Di tengah derita yang demikian banyak orang yang selamat namun kondisi badannya sakit. Mulai yang sakit ringan maupun berat. Banyak tetangga Islamet yang mengeluhkan badannya pegal, leher kaku, bahkan sakit gigi dan pusing.

Dalam kondisi demikian itulah Islamet tergerak hatinya untuk meringankan beban tetangga-tetangganya. Ia pun mulai memijat otot dan syaraf-syaraf tertentu untuk penyembuhan. Khusus untuk sakit gigi ia memijat bagian leher belakang, dagu, dahi, ujung jari tangan dan kaki, serta bagian belakang telinga. Pemijatan yang oleh Pak Islamet pada tahun 2006 itu dilakukannya tanpa memungut biaya sepeser pun. Hal itu berjalan hingga satu tahunan.

Apa yang dilakukan Islamet yang akrab dipanggil Pak Is ini lama kelamaan diketahui banyak orang. Tetangga pun menyarankan agar Pak Is memasang papan nama atau reklame sehubungan dengan profesinya itu. Setelah papan nama itu dipasang, orang dari luar Bantul pun mulai berdatangan untuk menyembuhkan giginya yang sakit dengan cara dipijat.

Sebenarnya Pak Is adalah orang yang dapat dibilang serba bisa. Ia bisa mereparasi kursi atau mebel berbahan rotan, kayu, atau bambu. Ia juga biasa bertani. Selain itu profesi awalnya hingga kini adalah tukang cukur rambut. Kemudian ketika kebisaannya sebagai tukang pijat gigi mulai laku, kedua profesi itu dijalaninya secara bersama-sama. Dalam kondisi seperti itu orang yang akan mencukurkan rambut biasanya mengalah untuk dilayani lebih kemudian jika di tempat Pak Is ada pasien yang inginmenyembuhkan sakit giginya.

Pak Is menyatakan bahwa kebisaannya dalam mengobati sakit gigi dengan sistem pemijatan diperolehnya dari ayahnya. Sementara ayahnya mendapatkan ilmunya dari kakek Pak Is. Ia juga menyatakan bahwa tarif untuk sekali pemijatan sakit gigi sekitar Rp 20.000,--30.000,- (tahun 2009).

Pijat badan dan refleksi mungkin sudah umum, tetapi pijat gigi mungkin hanya ada di Jogja.

sartono

Jakarta