JASA SERVIS TAS DAN JAKET DI JOGJAKARTA

02 Jan 2008

Yogyamu

JASA SERVIS TAS DAN JAKET DI JOGJAKARTA

Tanpa di sadari di ruas-ruas jalan di Jogja bertumbuhan pusat-pusat orang menjual jasa. Jika kita jalan-jalan di Jogja kita bisa melihat hal itu di ruas-ruas jalan seperti di Jl. P.Mangkubumi jika malam hari tiba kita bisa melihat sederetan orang menjual barang loakan yang di Jogja disebut sebagai pasar klithikan. Jika kita berjalan-jalan di ruas Jalan Gejayan khususnya di sekitar kampus Universitas Sanata Dharma di malam hari kita bisa orang menjual aneka macam makanan dalam warung tenda. Jika kita berjalan-jalan di Jalan I Dewa Nyoman Oka kita akan melihat sederetan orang menjual kembang.

Di perempatan Pingit, khususnya di Jalan Tentara Pelajar kita akan menjumpai sederetan orang menjual jasa reparasi tas, jaket, jok, dan segala macam hal yang berkaitan dengan urusan kulit sintetis maupun asli, vinyl, dan sebagainya bisa dibuat atau diperbaiki di tempat ini. Tidak mengherankan jika di tempat ini banyak bergantungan atau beronggokan aneka macam tas, jaket, sabuk, jok kursi, dan sebagainya di samping mesin menjahit, lem, palu, ritsluiting, kancing, gunting, benang, kulit, busa, kulit sintetis dan segala macam hal yang berkaitan dengan urusan itu.

Kios yang berderet di tempat ini pun terdrii dari berbagai macam ukuran. Namun hampir semuanya terbuat dari papan, seng, dan tripleks. Kios-kios ini mulai buka sekitar pukul 08.00-17.00 WIB. Satu hal yang cukup menarik minat konsumen jasa servis tas, jaket, dan segala hal yang berkaitan dengan kulit (kecuali sepatu dan sandal) ini adalah kecepatannya dalam melayani. Penjual jasa di tempat ini biasanya akan menawarkan kepada konsumen untuk menunggu sebentar atau meninggalkan barang yang diservis untuk diambil di hari berikutnya. Bagi urusan-urusan servis dengan kerusakan yang ringan, maka penjual jasa akan menawarkan kepada konsumen untuk menunggu. Servis-servis ringan ini misalnya servis ganti ritsluiting tas dan jaket. Servis-servis yang relatif besar misalnya mengganti kulit untuk jok kursi, sofa, maupun jok sepeda motor.

Tarif yang diterapkan untuk satu jasa servis ganti ritsluiting yang relatif pendek (sekitar 10 Cm sampai dengan 25 Cm dikenakan tarif sekitar Rp 6.000,--Rp 10.000,-) dan itu dapat ditunggu di tempat itu dalam hitungan beberapa menit. Sedang untuk servis pekerjaan yang relatif besar maka tarifnya bisa sangat bervariasi. Demikian juga dengan lama waktu pengerjaannya.

Jika Anda sedang atau memang tinggal di Jogja dan Anda sedang mempunyai permasalahan dengan tas kulit atau jaket kulit Anda, Anda bisa langsung datang ke perempatan Pingit ini untuk memperbaikinya. Selamat menikmati suasana Jogja.

Teks: Sartono K
Foto: Didit PD

Jakarta