DI YOGYAKARTA SELALU ADA BUAH NANGKA

02 Jan 2008

Yogyamu

DI YOGYAKARTA SELALU ADA BUAH NANGKA

Buah merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang vital bagi manusia. Dengan demikian, buah mutlak diperlukan bagi kehidupan manusia. Pasar, toko swalayan, kios, dan warung-warung yang menyediakan aneka macam buah dapat dijumpai di mana-mana, termasuk di Yogyakarta. Kios buah-buahan di Yogyakarta dapat ditemui di hampir semua ruas jalan besar. Jenis buah yang umum dijual adalah jeruk, apel, pisang, dan pepaya. Jenis-jenis buah ini relatif dapat ditemukan di semua toko buah dalam setiap harinya. Jenis-jenis buah tersebut hampir tidak mengenal musim. Sedangkan buah-buah yang tergantung musim misalnya adalah durian, rambutan, klengkeng, manggis, srikaya, dan sebagainya.

Jenis buah nangka sekalipun tidak mengenal musim,akan tetapi relatif sulit ditemukan di sembarang tempat/pasar buah di Yogyakarta. Kadang-kadang jenis buah ini melimpah di pasaran. Akan tetapi lebih sering sulit ditemukan. Seklaipun demikian di kawasan Kotabaru, khususnya di ruas jalan Suroto orang dapat menemukan kios buah yang khusus menjual buah nangka setiap hari. Tidak peduli waktu apa pun. Kios buah nangka di Kotabaru Yogyakarta ini selalu siap menjual buah nangka. Tidak ada buah lain selain nangka.

Menurut salah satu penjual buah nangka di tempat tersebut, kios nangka di Kotabaru sudah ada sejak tahun 1960-an. Bahkan mungkin jauh sebelum tahun itu. Kios buah nangka di Kotabaru ini pada tahun-tahun 1960-an berjumlah puluhan. Bahkan penjual buah nangka di tempat itu pada waktu dulu mampu menjual nangka sebanyak satu pedati penuh dalam seharinya. Tidak mustahil jika penjual nangka di tempat itu pada waktu dulu merupakan salah satu warga Yogyakarta yang berpenghasilan cukup besar.

Sekarang, penjual buah nangka di kawasan Kotabaru itu tidak lebih dari delapan orang saja. Hal ini disebabkan oleh karena omset penjualan yang semakin tahun semakin menyusut. Lebih-lebih sekarang banyak sekali buah impor yang membanjiri Indonesia termasuk di kota Yogyakarta. Masuknya buah-buah impor yang sering dipandang lebih bergengsi dengan segera menarik minat masyarakat Yogyakarta sehingga lambat laun mereka melupakan buah-buah lokal seperti nangka, manggis, durian, dan sebagainya. Padahal tanaman buah lokal seperti nangka, manggis, rambutan, durian banyak yang tumbuh dan berbuah tanpa bersentuhan dengan pestisida. Artinya, buah-buah tersebut relatif lebih sehat dari buah impor yang dalam budi dayanya sering mengandalkan pestisida dan pupuk anorganik.

Buah nangka Kotabaru (meskipun asalnya bukan dari Kotabaru) sudah menjadi salah satu ciri khas pasar buah di Yogyakarta. Jika Anda sedang berada di Yogyakarta dan sedang ingin sekali atau ngidam buah nangka, tidak usah pusing-pusing, Anda dapat langsung menuju kawasan Kotabaru untuk dapat menikmati buah nangka. Hanya saja Anda harus pandai-pandai menawarnya untuk mendapatkan harga yang pas.

Foto dan Teks: Sartono K

Jakarta