Masjid Kauman tahun 1888 dan 2002

18 Oct 2007

Djogdja Tempo Doeloe

Masjid Kauman tahun 1888 dan 2002

Di Yogyakarta memang terdapat banyak Masjid, baik bangunan lama maupun bangunan baru. Bahkan disetiap Kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga ditemukan bangunan Masjid sebagai tempat ibadah. Belum lagi di kampung-kampung, mudah sekali ditemukan bangunan Masjid, yang biasanya dibangun berdasarkan swadaya umat Islam setempat.

Ada satu bangunan Masdjid yang cukup tua, setidaknya sejak jaman kerajaan Mataram di Kotagede. Bangunan Masjid ini memang terletak di kompleks bakas kraton Kotagede dan namanya "Masdjid Kotagede".

Satu Masdjid lain yang termasuk tua, meski kalah tua dengan Masdjid Kotagede, ialah Masdjid Kauman, yang terletak disebalah barat alun-alun utara Yogyakarta. Jadi, Masdjid Kauman ini berada di kiri samping Kraton Ngayogyakarta, yang letaknya di luar beteng Kraton. Foto Masdjid Kauman tahun 1888 bisa untuk menunjukkan, bahwa bangunan ini termasuk jenis bangunan tua.

Secara bentuk memang tidak mengalami banyak perubahan apabila melihat Masjid Kauman di tahun 2003, tetapi memang ada penambahan sedikit, atau setidaknya perbaikan dari yang rusak. Conbloc, yang terdapat di halaman Masjid Kauman setidaknya adalah salah satu tanda dari "berbedanya" bangunan Masdjid Kauman masa lalu dengan Masjid Kauman sekarang. Hanya memang, secara fundamental tidak berubah total.

Lihatlah foto Masdjid Kauman tahun 1888 dan Masjid Kauman tahun 2002, atau sekali waktu tengoklah Masjid Kauman sekarang.

Ons Untoro

Jakarta