Brisz Akustik, Group Band yang Unik dan Fleksibel

06 Aug 2016

Brisz Akustik merupakan salah satu kelompok musik akustik di Yogyakarta yang digawangi oleh Bran (gitar), Radit (gitar), Indra (cajon), dan Ninis (vokal). Kelompok ini terbentuk atas dasar keinginan serupa dari masing-masing personil yaitu membentuk sebuah group band untuk kepentingan hiburan di kafe, resto, atau hotel – dengan kata lain, band reguleran.

Berprofesi menjadi musisi yang rutin mengisi live music di kafe, resto, atau hotel memang merupakan suatu pekerjaan yang cukup menjanjikan secara finansial di Yogyakarta, asalkan diimbangi dengan seringnya jadwal tampil. Selain itu waktu yang dihabiskan untuk melakukan satu kali performance juga rata-rata tidak lebih dari tiga jam, membuat profesi ini cukup sering dilirik oleh kaum muda dan juga orang-orang tua untuk dijadikan side job bahkan main job. Hal ini pula yang menjadi pertimbangan bagi personil Brisz Akustik sehingga mereka sepakat untuk membentuk sebuah band akustik.

Hadir dengan formasi yang cukup unik yaitu dua gitar, cajon, dan vokal, membuat kelompok musik ini memiliki nilai jual tersendiri. Di saat kelompok musik lain cenderung untuk mengolaborasikan instrumen harmonis dengan melodis atau instrumen harmonis dengan bass, Brisz Akustik justru hadir dengan formasi dua gitar yang tentu saja sama-sama instrumen harmonis. Ternyata, kedua gitaris Brisz Akustik merupakan personil kelompok musik Duo BaJo dimana mereka sudah lebih dahulu membentuk kelompok duet dengan mengusung permainan gitar fingerstyle. Efeknya, chemistry antara keduanya sudah terbangun dengan baik sehingga personil Brisz Akustik lainnya pun merasa nyaman bermain dengan formasi instrumen semacam ini. 

Brisz Akustik sempat secara rutin mengisi live music di salah satu resto di Yogyakarta dalam segmen Monday Soundsation. Selain itu, mereka juga beberapa kali mengisi di event wedding, gathering, dan event lainnya. Pada Selasa, 2 Agustus 2016 Brisz Akustik bekerja sama dengan Tembi Rumah Budaya berkesempatan untuk mengisi live music pada acara syawalan staf Tembi dengan warga sekitar Tembi yang bertajuk “Menjalin Silaturahmi Memaknai Perbedaan Dalam Keragaman”.

Brisz Akustik membawakan beberapa nomor lagu religi dalam acara ini antara lain lagu berjudul Assalamualaikum, Damai BersamaMu, Akhirnya, Cinta Yang Tulus, serta Selamat Hari Lebaran. Pada kegiatan ini mereka hadir dalam formasi instrumen yang berbeda yaitu gitar, bass, cajon, dan vokal, namun tetap dengan personil yang sama. Brisz Akustik memang merupakan satu kelompok musik yang mengedepankan fleksibilitas baik dalam urusan instrumentasi, songlist, bahkan independensi personil.

Tuntutan profesionalitas sebagai band reguler mau tidak mau membuat Brisz Akustik tidak terpaku hanya pada satu genre musik saja. Segala jenis lagu sebisa mungkin akan digarap sesuai dengan kebutuhan dan permintaan. Fleksibilitas juga diaplikasikan pada para personil. Walaupun mereka tergabung dalam kelompok Brisz Akustik, bukan berarti hal ini menutup kesempatan bagi setiap personil untuk bergabung dengan kelompok musik lain atau bermain musik secara independen. Kebebasan yang diterapkan pada kelompok musik ini justru memberi dampak positif, antara lain bertambahnya jam terbang pribadi masing-masing personil sehingga memudahkan mereka ketika harus berkumpul lagi menjadi satu tim untuk mengisi live music di tempat dan acara tertentu.

Naskah dan foto: Adindachristya

SENI PERTUNJUKAN