Tiga Paket Menu Nasi Lezat, Unik, dan Murah

14 Jun 2016

Selain aneka puding, khusus di bulan ramadan ini Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya juga menawarkan menu takjil berupa Paket Sega Jingga, Paket Sega Mbalela, dan Paket Sega Wiwit. Paket Sega Jingga terdiri atas Sega Jingga, olak Ubi, dan dua buah kurma. Sega Jingga adalah nasi ala Bali yang populer disebut sebagai nasi jinggo. Nasi ini merupakan nasi dengan kombinasi aneka lauk semacam nasi campur, namun ada kekhasannya yang tidak ditemukan pada nasi campur atau rames pada umumnya, yakni adanya sambal matah.

Sambal matah adalah sambal khas Bali yang dibuat dari irisan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi bakar, serai, air jeruk nipis, minyak sayur, daun jeruk purut, gula pasir dan garam. Selain itu ada pula daging ayam yang dimasak pedas dan disuwir, mie goreng, kacang goreng, dan kering tempe. Hidangan Paket Nasi Jingga yang menjanjikan kelezatan lengkap dengan kolak ubi dan kurma ini hanya dibanderol dengan harga Rp 12.000. Sungguh harga yang murah untuk berbuka dengan nikmat dalam suasana warung dahar yang tenang di lingkungan pedesaan yang asri.

Paket berikutnya adalah Paket Sega Mbalela. Paket ini terdiri atas satu porsi lengkap Sega Mbalela, es stup nanas, dan dua buah kurma. Sega Mbalela adalah nasi yang diberi lauk berupa irisan sosis, bakso, cabai merah besar, yang semuanya diolah dengan cara seperti olahan orak-arik yang agak basah (Jawa: nyemek).  Di dalamnya juga ditambahkan taburan bawang merah goreng. Anda wajib mencoba menu ini karena memang tidak ada di tempat lain. Kecuali itu harga satu paketnya juga sangat murah, yakni hanya Rp 10.800.

Paket ketiga di bulan ramadan yang ditawarkan WD Pulo Segaran adalah Paket Sega Wiwit. Sega Wiwit adalah nasi yang biasanya disajikan menjelang panen padi atau juga menjelang tanam padi. Sega Wiwit terdiri dari nasi putih, sambal gepeng, ikan asin jenis gereh petek (semacam silver dollar), telur ayam, dan lalapan berupa terong bulat yang dibelah. Selain itu, untuk paket ini masih ditambahkan segelas dawet yang segar dan dua buah kurma.

Sambal gepeng menjadi salah satu komponen khas dalam Sega Wiwit, yang dibuat dari kedelai yang digoreng kemudian ditumbuk kasar bersama dengan bumbu-bumbu antara lain cabai, garam, bawang putih, ketumbar, daun jeruk purut, dan kencur. Sambal khas wiwitan ini terasa demikian kuat aroma rempahnya. Sangat cocok disantap bersama nasi putih, gereh petek, dan lalapannya.

Sajian ini mengingatkan sajian dalam upacara wiwitan yang dulu biasa dilakukan masyarakat di pedesaan di awal panen padi atau awal tanam padi. Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan menu warisan leluhur atau memang penasaran karena belum pernah mencicipinya, Anda bisa mencoba menu ini di WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Untuk paket ini pun dibanderol dengan harga yang murah sekali, hanya Rp 9.000 saja.

Naskah dan foto: a. sartono

Paket Sega Wiwit lengkap dari Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, difoto: 6 Juni 2016, foto: a.sartono
Paket Sega Wiwit lengkap dari Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, difoto: 6 Juni 2016, foto: a.sartono
Paket Sega Wiwit lengkap dari Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, difoto: 6 Juni 2016, foto: a.sartono
PULO SEGARAN