Serba Ikan dengan Nasi Organik

21 Mar 2016

Selain Es Timun Ijem dan Es Timun Emas, pada bulan Maret 2016 ini Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya juga menawarkan menu promo serba ikan. Menu serba ikan tersebut adalah Nila Goreng, Nila Bakar, Pepes Nila, Rendang Patin/Nila, Pindang Patin/Nila, Sup Nila/Patin.

Seperti diketahui, ikan merupakan bahan pangan dengan protein tinggi namun rendah lemak dan kolesterol. Untuk itulah chef WD Pulo Segaran menyajikannya bahkan dalam varian olahan yang kaya seperti di atas. Untuk menu Nila Goreng ala WD Pulo Segaran,  Anda akan mendapatkan sajian yang krispi di bagian pinggir dari daging ikan, namun cukup lunak dan kesat di bagian tengahnya. Sebuah perpaduan yang kompak dari sajian ikan goreng. Menu ini menjadi istimewa dalam paduannya dengan sambal dan lalapan serta nasi putih organik yang pulen.

Nila Bakar yang disajikan tidak kalah istimewanya. Keistimewaannya terletak pada meresapnya bumbu dalam daging ikan serta tingkat kematangannya yang merata dan tidak over cook. Kemampuan untuk menyajikan ikan bakar seperti itu memang tidak mudah. Namun semua itu bisa ditangani chef WD Pulo Segaran dengan baik. Jika kebanyakan ikan bakar lebih banyak bermain pada bumu oles kecap, di WD Pulo Segaran tidak demikian. Meresapnya unsur-unsur bumbu seperti bawang putih, merica, ketumbar, garam, saus tiram, kecap, dan lain-lain memang terasa banget.

Pepes Nilanya pun boleh dicoba. Resapan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, kencur, kemiri, kunyit, daun kemangi, sereh, lengkuas, jahe, garam dan yang lainnya begitu diperhatikan komposisinya sehingga menghasilkan paduan bumbu yang harmonis dan begitu meresap ke dalam daging ikan. Aroma amis ikan yang selama ini hampir selalu menjadi momok baru para penyuka ikan bisa dikatakan lenyap. Empuknya daging ikan karena proses pengukusan pepesnya bisa benar-benar diresapi dan memanjakan lidah.

Untuk Sup Nila dan Sup Patin memang menggunakan unsur bumbu yang sama, di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, merica, bawang bombay, jahe, daun bawang, seledri, sereh, minyak wijen, dan lain-lain. Sup ini kecuali segar juga terasa hangat di dada dan perut. Daging ikan yang segar dalam sup ini memang berasa ringan. Namun justru di situlah kelebihannya. Sajian sup, salah satunya mengesankan rasa isian yang tidak pekat. Untuk Anda penyka pedas, sup ini juga dilengkapi dengan sambal khusus. Baik dicoba di saat udara relatif dingin.

 Serba ikan yang lain yang ditawarkan WD Pulo Segaran adalah Pindang Patin/Nila. Berbeda dengan sup, sekalipun pindang juga berkuah, namun bumbunya relatif lebih sedikit macamnya dibanding sup, namun kadas kepedasannya relatif tinggi dengan presentasi merah cerah. Kesegaran pedasnya menggigit. Bagi penyuka pedas segar, maka pindang ikan ini boleh dicoba. Pindang ini pun dilengkapi dengan sambal yang cukup memberi tekanan pedas lebih nyata bagi penyuka pedas.

Rendang Nila/Patin adalah menu lain yang juga dipromosikan dalam bulan Maret ini. Bumbu rendangnya yang cukup kuat meresap ke dalam serat daging ikan yang menyebabkan penikmatnya seperti dibawa dalam citarasa rendang Padang yang sarat rempah. Rendang ikan tentu saja memberi nuansa lain pada rendang yang selama ini kita kenal selalu berbahan baku daging sapi.

Untuk menu serba ikan ini WD Pulo Segaran sengaja memasang harga yang murah meriah, yakni hanya Rp 19.800 per porsi. Mumpung masih promo, tidak ada salahnya Anda segera mencobanya untuk semakin melengkapi variasi menu yang selama ini Anda nikmati.

Naskah dan foto: a. sartono

Nila Bakar dari WD Pulo Segaran Tembi, difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
Nila Goreng ala WD Pulo Segaran Tembi, difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
Rendang Nila ala WD Pulo Segaran Tembi, difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
Rendang Patin ala WD Pulo Segaran Tembi,  difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
Pindang Patin ala WD Pulo Segaran Tembi, difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
Sup Nila ala WD Pulo Segaran Tembi, difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
Pindang Nila ala WD Pulo Segaran Tembi, difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
Pepes Nila ala WD Pulo Segaran Tembi, difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
Sup Nila ala WD Pulo Segaran Tembi, difoto: 29 Februari 2016, foto: a.sartono
PULO SEGARAN