Sega Obonk Berpadu dengan Es Kelapa Pandan Ijo nan Lezat

14 Sep 2016

Kreasi atau cipta karya kuliner terus dilakukan Warung Dahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Untuk bulan September ini WD Pulo Segaran mengkreasi nasi bakar yang diberi nama Sega Obonk Tembi.

Sega atau nasi bakar ini diolah dari bahan-bahan beras pilihan, santan, garam, dan sereh. Itu untuk kulit luarnya. Sedangkan untuk isiannya dibuat dan diramu dari bahan-bahan berupa tahu, daging ayam, teri nasi, dan sekian macam bumbu. Bahan isian ini semuanya ditumis dan setelah matang dimasukkan dalam nasi dan kemudian digulung dalam bungkus daun pisang.

Sega Obonk Tembi memang dibuat seperti orang membuat kue lemper namun dalam ukuran yang relatif besar. Nasi gurih yang telah digulung dalam daun pisang dan berisi bahan tumisan tersebut kemudian dipanggang di atas bara api. Hasilnya adalah nasi gurih nan lezat dengan isian yang nikmat dan aroma sedikit sangit yang memikat. Itulah sisi eksotiknya Sega Obonk Tembi. Untuk menikmatinya nasi tergulung dan telah dibakar tersebut dipotong melintang dan ditata dalam wadah piring yang apik.

Tampilannya menjadi kian menarik dengan penataan garnish yang juga cantik. Sebagai kelengkapannya selain garnish yang bisa berfungsi sebagai lalapan juga disertakan sambal yang cukup pedas. Hal ini sebagai pelayanan khusus bagi mereka yang sangat menyukai rasa pedas. Untuk santapan senikmat ini Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20.700 saja.

Bulan September ini WD Pulo Segaran juga meluncurkan minuman yang dinamakan Es Kelapa Pandan Ijo. Es ini berbahan baku daging kelapa muda yang putih segar dan sangat lunak, air kelapa muda, sirup yang diolah dari daun pandan murni, daun mint, dan beberapa tambahan lain untuk kenikmatan es tersebut.

Melihat minuman ini secara otomatis tiba-tiba kerongkongan pun terasa kering. Seperti memaksa untuk segera mencicip atau bahkan menenggak minuman tersebut. Memang bukan hanya tampilan atau presentasinya yang memikat, namun rasanya pun sangat nikmat. Air kelapa muda yang dipadukan dengan sirup dari olahan daun pandan asli memberikan rasa nikmat yang segar di lidah. Aroma pandan berpadu dengan aroma kelapa muda. Mint yang disertakan di sana memberikan sedikit sentuhan semriwing.

Selain itu, daging buah kelapa mudanya yang putih segar dan berasa klenyer-klenyer manis-gurih di lidah dan di kerongkongan menambah sensasi kenikmatan minuman ini. Untuk menikmati segelas Es Kelapa Pandan Ijo ini Anda cukup membayarnya dengan harga Rp 9.000 saja. Sebuah harga yang sangat murah untuk kenikmatan semacam ini. (***)

Oleh: A. Sartono

PULO SEGARAN