Sega Abang Pethak Spesial di Bulan Agustus

22 Aug 2016

Bulan Agustus di Indonesia identik dengan peringatan hari kemerdekaan. Untuk itu secara khusus Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya menawarkan menu promo Sega Abang Pethak dan Es Kacang Merah Putih. Sega Abang Pethak adalah nasi putih dan nasi merah yang dimasak dan disusun sedemikian rupa sehingga mengimajinasi lambang bendera Merah Putih. Nasi Abang Pethak ini dilengkapi dengan beberapa potong daging sapi berempah kuat dan aneka sayuran seperti buncis, wortel, dan kacang polong dalam taburan mayonais.

Nasi merah yang cenderung berasa agak tawar dan nasi putih yang berasa sedikit manis samar menjadi padu ketika dikunyah bersama dengan potongan daging sapi pilihan berbumbu rempah kuat. Efek dari rempah yang kuat ini menimbulkan nuansa hangat di rongga dada di samping tentu saja, kenikmatan tiada tara di indra pencecapan. Rasa yang kuat dari rempah dalam daging sapi ini akan sedikit tersegarkan oleh sentuhan sayuran seperti buncis, wortel, dan kacang polong yang direbus dalam tingkat kematangan yang pas serta dalam sentuhan lelehan mayonais. Khusus untuk Sega Abang Pethak yang istimewa ini WD Pulo Segaran membanderolnya dengan harga Rp 34.200.

Selain Nasi Abang Pethak, khusus untuk bulan Agustus ini WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya juga menyajikan menu minuman khusus yang dinamakan Es Kacang Merah Putih. Komponen Es Kacang Merah Putih ini adalah  kacang merah, sagu mutiara, santan, es serut, sirup, dan gula pasir. Kacang merah yang apabila dikunyah terasa benar kelunakan komponen tepungnya yang matang yang dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah mempur, menjadi padu dengan sagu mutiara yang terasa kental, kial, dan likat.

Rasa manis dari sirup dan gula pasir bercampur santan memberikan nuansa tingkat manis yang pas dan sedikit gurih. Es serut yang tercampur di dalamnya memberikan efek sejuk yang luar biasa yang semuanya itu sangat cocok dinikmati di saat cuaca panas seperti bulan Agustus ini. Untuk satu porsi Es Kacang Merah Putih yang lezat ini Anda cukup membayarnya dengan harga Rp 9.000 saja.

a. sartono
Foto: Sunarko

Sega Abang Pethak dari Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, difoto: 16 Agustus 2016, foto: Sunarko
Es Kacang Merah Putih dari Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, difoto: 16 Agustus 2016, foto: Sunarko
PULO SEGARAN