Nasi Rawon Komplit Tembi, Es Jenar, dan Es Kunir Raras

14 Nov 2015

Dagingnya yang sangat empuk dengan bumbu rawon yang demikian meresap membuat lidah terlena karena nikmat. Kecambah segar menjadi penjeda yang kompak dengan kuah rawonnya yang cukup pekat.

Bulan November sudah memasuki musim hujan. Untuk itu Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya mempromosikan menu khusus yang bisa menjadi penghangat di musim hujan, yakni Rawon Komplit Tembi. Rawon dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, namun Tembi pun bisa menyajikan hal itu dan tidak kalah maknyus-nya dengan rawon di tanah asalnya. Resepnya, ada pada keahlian memilih bumbu, bahan, komposisi, presentasi, dan tentu pengalaman juru masak atau chef Tembi.

Rawon Komplit Tembi ini terdiri dari nasi putih organik, semangkuk rawon, separuh telur asin, kecambah segar, sambal terasi, dan kerupuk udang. Rawon ala Tembi yang sarat dengan bumbu rempah dan daging sapi pilihan menyuguhkan sajian yang benar-benar ngangeni. Dagingnya yang sangat empuk dengan bumbu rawon yang demikian meresap membuat lidah terlena karena nikmat. Kecambah segar menjadi penjeda yang kompak dengan kuah rawonnya yang cukup pekat.

Demikian juga dengan sambal terasinya yang menggigit dengan rasa yang tajam menjadi penjeda yang cocok disantap di musim hujan. Komponen lain seperti telur asin dan kerupuk udang menjadi penyempurna hidangan ini. Untuk seporsi Nasi Rawon Komplit Tembi ini Anda hanya diminta untuk membayar Rp 34.200.

Untuk semakin meyakinkan kesempurnaan bersantap Nasi Rawon Komplit Tembi, Anda dipersilakan untuk menikmati minuman ala Tembi yang juga dipromosikan di bulan November ini, yakni Es Jenar dan Es Kunir Raras, dengan harga yang sama, yakni Rp 7.200.

Es Kunir Raras adalah es yang dibuat dari campuran kunir (kunyit), jahe, kayu manis, nanas, jeruk nipis, dan gula pasir. Ramuan bahan lokal namun berkulaitas baik ini menghasilkan minuman yang sangat menyegarkan sekaligus penuh manfaat bagi kesehatan. Rahasia nikmat dengan aroma yang khas dari minuman ini terletak pada proses meramu yang pas dan padu antarsemua bahan. Perpaduan nanas, kunir, kayu manis, dan jahe yang pas menyuguhkan aroma yang khas rempah dan buah sekaligus. Efek hangat nan lembut halus di kerongkongan dan perut akan segera terasa begitu usai menikmati Es Kunir Raras. Es ini memang wajib dicoba karena Anda pasti tidak akan menemukannya di tempat lain kecuali WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya.

Selain itu Es Jenar juga patut Anda coba. Minuman ini masih merupakan bentuk kreasi dan variasi dari kunir. Namun komposisinya berbeda dengan Es Kunir Raras. Komposisi Es Jenar adalah kunir, jahe, kayu manis, susu segar, dan gula pasir. Jadi pada Es Jenar bahan berupa nanas digantikan oleh susu segar. Rasa dan aromanya memang berbeda dengan es pertama. Aroma susu segar yang berpadu dengan kunir, jahe, dan kayu manis sangat cocok bagi penyuka susu.

Naskah dan foto: asartono

Nasi Rawon Komplit Tembi yang maknyus siap disantap, difoto: Kamis, 5 November 2015, foto: a.sartono
Es Jenar yang sehat dan segar dengan aroma rempah-buah ala WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, difoto: Kamis, 5 November 2015, foto: a.sartono
Es Kunir Raras kreasi WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, difoto: Kamis, 5 November 2015, foto: a.sartono
PULO SEGARAN