Menu Vegan Serba Sehat dari Daun Kelor

14 Apr 2016

Makan sehat dan nikmat tentu menjadi dambaan semua orang. Nah, untuk bulan April 2016 ini secara khusus Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya menawarkan sajian jenis kuliner sehat, nikmat, berkhasiat. Intinya memang menu vegetarian (vegan). Bahan baku utamanya adalah daun kelor.

Seperti diketahui, kelor yang enak dan segar disayur ini mengandung potassium tiga kali lipat dibanding pisang, kalsium empat kali lipat dibanding susu, vitamin C tujuh kali lipat dibanding jeruk, vitamin A empat kali lipat dibanding wortel, protein dua kali lipat dibanding susu. Daun kelor menyehatkan kulit, antikanker, membantu mengatasi diabetes, menyehatkan mata, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Menu vegan pertama yang ditawarkan adalah Jangan (Sayur) Bobor Kelor. Memang tetap berdasarkan menu kuliner lokal (Jawa). Bobor Kelor dengan pelengkap tempe goreng dan sambel. Bobor Kelor adalah sayur berkuah santan dengan bahan baku daun kelor dan irisan labu siam (jipang). Ada pun bumbu-bumbunya adalah temu kunci, bawang merah, gula jawa, garam, lengkuas, daun salam, daun kemangi, dan lain-lain.         Sayur Bobor Kelor terasa segar disantap siang hari. Kuah berasa sedikit manis-gurih dengan daun kelornya yang lunak segar seperti mampu meringankan beban gerah di tengah siang hari. Sambal yang dipadukan memberikan efek “kemepyar”. Membuat syaraf seperti dibangunkan dari kelelahan.

Menu vegan kedua adalah Jangan Bening Kelor. Sekalipun Jangan Bening Kelor sama berkuahnya dengan Jangan Bobor Kelor, namun sayur tidak menggunakan santan. Seperti namanya, sayur ini terlihat lebih bening dibanding bobor. Untuk menu ini bahan bakunya adalah daun kelor dan wortel. Sedangkan bumbunya adalah temu kunci, bawang merah, gula jawa, lengkuas, daun salam, dan lain-lain. Menu ini juga dilengkapi dengan tempe doreng dan sambel.

Dibandingkan dengan Jangan Bobor Kelor, Jangan Bening Kelor terasa lebih ringan, karena tanpa beban lemak dari santan. Namun kesan rasa gurih dari Jangan Bening Bobor relatif sangat samar dibandingkan Jangan Bobor Kelor. Untuk masing-masing menu berbahan baku daun kelor ini ditawarkan dengan harga yang sangat murah, yakni Rp 7.200  saja. Sebuah suguhan kuliner yang sungguh sehat, nikmat, berkhasiat dan diambil dari kebun Tembi sendiri.

Naskah dan foto: a. sartono

Jangan Bobor Kelor yang nikmat dan berkhasiat, difoto: Jumat, 8 April 2016, foto: a.sartono
Jangan Bening Kelor tidak kalah nikmat dan berkhasiatnya dengan Jangan Bobor Kelor, difoto: Jumat, 8 April 2016, foto: a.sartono
PULO SEGARAN