Es Wuyung Sari dan Puding Sida Tresna Sebagai Ungkapan Kasih Sayang

06 Feb 2016

Bulan Februari selalu dirayakan sebagai bulan kasih sayang atau Valentine Day. Nah, Warung Dhahar Pulo Segaran pun meramu menu baru untuk turut memeriahkan hari kasih sayang ini. Rasa kasih sayang itu sendiri memang bisa diungkapkan dengan bermacam-macam cara, antara lain dengan makan bersama handai taulan, keluarga, pasangan, atau pacar.

Tidak ada salahnya Anda pun turut membagi kasih kepada orang-orang yang Anda cintai dengan bersantap bersama di Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya. Buatlah ini berkesan bagi diri Anda sendiri dan orang-orang yang Anda sayangi. Khusus untuk bulan kasih sayang ini WD Pulo Segaran menyajikan menu kreasi baru yang dinamakan Es Wuyung Sari. Istilah “wuyung” dalam khasanah budaya Jawa dapat diartikan sebagai rindu berat, cinta/sayang sekali, dan sejenis itu. Tentu, hal ini menjadi amat cocok dengan bulan kasih sayang ini. Cocok pula jka dipersembahkan untuk orang-orang yang Anda kasihi.

Es Wuyung Sari disajikan dari bahan-bahan pilihan seperti daging buah kelapa gading yang kenyal dan segar, gula pasir, susu kental manis, sirup cocopandan pilihan, coklat parut, melon jingga, dan daun pandan. Semua diramu dan dipresentasikan dengan cantik.

Paduan dari bahan-bahan pilihan itu menghasilkan rasa yang sungguh mengesan. Daging buah kelapa gading muda ternyata terasa lebih lunak dan sedikit ringan tekanan manis-gurihnya dibanding daging kelapa muda biasa. Ini menjadi padu dengan manis gula pasir, air kelapa gading muda, susu kental manis, dan parutan cokelatnya.

Seteguk Es Wuyung Sari akan membuat lidah terus menagih. Untuk segelas Es Wuyung Sari yang cantik bak gadis yang baru mekar ini Anda hanya diminta membayar Rp 8.100. Sebuah harga yang tentu sangat murah untuk hari kasih sayang yang istimewa dan kesempatan yang istimewa pula.

Sajian lain dari WD Pulo Segaran di bulan kasih sayang ini adalah Puding Sida Tresna. Sida tresna bermakna jadi sayang, jadi cinta, dan sejenis itu. Puding Sida Tresna yang disajikan chef WD Pulo Segaran ini berbahan buah naga merah, agar-agar putih, dan gula pasir. Semua bahan disatukan dalam takaran tertentu sehingga menghasilkan puding buah naga yang presentasinya merekah merah dalam rasa manis yang pas tanpa kehilangan ciri khas dari aroma dan rasa khas buah naga merah. Hal ini memberikan greget cinta asmara yang hangat namun lembut.

Puding Sida Tresna sengaja disajikan dalam bentuk dua potongan yang disatukan, seperti dua sejoli yang berkasih-kasihan. Topping yang sekaligus menjadi perekat keduanya adalah whipcream dan irisan buah naga merah. Untuk melengkapi rasa dari sajian ini disertakan coklat asli yang dilelehkan di pinggir dua potongan puding tersebut. Untuk sajian ini pun WD Pulo Segaran hanya memasang harga Rp 18.000.

Anda dapat menikmati semua itu di WD Pulo Segaran, rumah makan dengan presentasi tradisional Jawa yang dibangun di atas sebuah kolam yang penuh ikan dalam lingkungan alam/tata taman yang sejuk, rindang, tenang, dan keramahan pelayanan yang tidak bisa diragukan.

Naskah dan foto: a. sartono

Puding Sida Tresna, istimewa di hari kasih sayang, difoto: Rabu, 3 Februari 2016, foto: a.sartono
Detail Es Wuyung Sari ala Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, difoto: Rabu, 3 Februari 2016, foto: a.sartono
PULO SEGARAN