Muhammad Ferdan Tauladan, Dalang Cilik dari Tulungagung

13 May 2016

Penampilannya cukup kalem. Namun tidak disangka saat mendalang di atas panggung, apalagi ketika sedang “suluk”, suaranya begitu mantap. Begitu juga dengan “antawecana’ atau dialog, sabetan wayang, dan memegang wayang, begitu fasih dan cekatan. Itulah pembawaan Muhammad Ferdan Tauladan, yang kerap dipanggil Ferdan. Ia baru pertama kali ikut Festival Dalang Cilik, yaitu pada Festival Dalang Cilik yang ke-6 di Museum Pendidikan Indonesia (MPI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Ferdan yang berusia 15 tahun di bulan Desembar nanti, begitu senang ikut festival kali ini. “Saya sangat senang akhirnya bisa ikut festival kali ini, dan pentas di festival seperti ini sudah lama saya impikan,” tutur Ferdan. Walaupun jam terbang pentas belum banyak, tetapi tidak mengecilkan hati Ferdan, yang tinggal di Dusun Krajan RT 007/001 Desa Ngentrong, Campur Darat, Tulungagung. Bahkan tidak ada perasaan grogi sama sekali. Dengan tenang ia tampil di hari ke-3, Selasa, 3 Mei 2016,  selama 45 menit membawakan lakon “Ekalaya Krama”. Ferdan mendapat sambutan penuh lebih dari 100 suporternya yang berasal dari Tulungagung.

Putera pasangan Budi Riyanto dan Siti Masruroh ini belajar mendalang di Sanggar Budi Luhur . Ia punya pengalaman mendalang semalam suntuk, berkolaborasi dengan dalang-dalang senior, di daerahnya sendiri. Saat ini, ia masih bersekolah di SMPN 1 Boyolangu kelas VIII (atau kelas 2). Senang wayang sejak umur 2,5 tahun, dan mulai tekun berlatih mendalang sejak kelas V SD. Darah seni menurun dari eyang buyutnya.

Sementara itu  tokoh wayang idolanya adalah Bima atau Werkudara. “Karena Bima itu orangnya tidak punya takut, berani, gagah, tegas, dan tunduknya hanya kepada Dewa Ruci saja,” begitu alasan dia.

Ferdan berpesan kepada generasi muda sebayanya agar senang dengan wayang, serta ikut melestarikan agar wayang tidak punah. Sebab, di dalam kisah wayang banyak tuntunan dan tatanan.

Naskah dan foto: Suwandi 

Dalang Cilik Asal Tulungagung Jawa Timur, sumber foto: Suwandi/Tembi
Dalang Cilik Asal Tulungagung Jawa Timur, sumber foto: Suwandi/Tembi
PROFIL