SENSASI SUP SUMSUM DAN TULANG MUDA DI RUMAH MAKAN SPESIAL SUP PAK THONY

04 Jul 2011 / Tag: KULINER

SENSASI SUP SUMSUM DAN TULANG MUDA DI RUMAH MAKAN SPESIAL SUP PAK THONYPernah menyantap Sup Tulang Muda Sapi atau Sup Sumsum Sapi ? Kalau belum pernah Anda bisa mencobanya di Rumah Makan Spesial Sup Pak Thony yang beralamat di Jl. Parangtritis KM 5, Nomer 7, Druwo (depan PLN), Sewon, Bantul. Rumah makan ini memang sengaja menyuguhkan aneka macam Sup. Sup Ayam Kampung, Sup Ayam Broiler, dan Sup Sapi. Tinggal pilih mana yang Anda suka. Di rumah makan ini juga disediakan paket hemat. Jadi, bila berkocek cekak tidak perlu cemas. Untuk satu porsi Sup Ayam paket hemat tanpa nasi diberi harga Rp 4.000,- - Rp 6.500,-. Sedangkan untuk paket hemat berupa satu porsi Sup Daging Sapi + Teh + Nasi diberi harga Rp 7.500,-. Paket hemat Sup Daging Sapi + Nasi + Teh Botol diberi harga Rp 9.000,-.

Selain itu di Rumah Makan Spesial Sup Pak Thony ada juga menu spesialnya. Justru menu spesial inilah yang banyak diburu para pemburu kuliner. Menu spesial itu berupa: Sup Tulang Muda (Rp 14.500,-), Sup Buntut (Rp SENSASI SUP SUMSUM DAN TULANG MUDA DI RUMAH MAKAN SPESIAL SUP PAK THONY16.000,-), Sup Sumsum Tulang Spesial (Rp 24.000,-), Sup Sumsum Tulang Kecil (Rp 10.000,-) Sup Sumsum Tulang Sedang (Rp 15.000,-), Sup Sumsum Tulang Besar (Rp 18.000,-).

Tembi yang datang ke rumah makan ini berkesempatan menyantap Sup Tulang Muda. Kebetulan saat itu Sup Sumsum Tulang Spesialnya memang telah dipesan banyak orang, jadi Tembi nggak kebagian.

Sup Tulang Muda memang merupakan menu spesial karena bahan bakunya juga spesial, yakni tulang muda. Tentu bukan melulu tulang, namun tulang yang masih dilekati daging cukup banyak. Sensasi menyantap Sup Tulang Muda menurut Tembi terletak pada kelunakan tulang mudanya yang apabila digigit atau dikunyah akan ”kemlethuk” dan kriuk-kriuk.

SENSASI SUP SUMSUM DAN TULANG MUDA DI RUMAH MAKAN SPESIAL SUP PAK THONYSensasi ini diperkaya dengan nikmatnya ”ngrikiti” daging yang melekat di tulang-tulangnya (macam menyantap Thengkleng atau Iga Sapi). Di samping bisa ngrikiti dagingnya kita juga bisa ngremus tulang mudanya. Sensasi lainnya adalah kuah supnya yang penuh dengan bumbu rempah (pala, cengkeh, kayu manis, bawang putih, merica, taburan bawang merah goreng) plus irisan seledri, kentang, wortel, soon membuat aromanya demikian menggugah selera.

Sum Sumsum Tulang Spesial lebih sensasional. Sup Sumsum Tulang Spesial akan disuguhkan dalam mangkuk besar. Di dalamnya ditaruh sepotong tulang besar yang mengandungi sumsum berjumlah banyak. Untuk mengambil sumsumnya di dalam mangkuk besar telah dilengkapi dengan sedotan dan sendok kecil bertangkai panjang. Untuk menikmatinya Anda tinggal menyedoti sumsum di dalam tulang itu,”srruuut, srrrutt, sruuut.....”.

SENSASI SUP SUMSUM DAN TULANG MUDA DI RUMAH MAKAN SPESIAL SUP PAK THONYMenyantap Sup Tulang Muda atau Sup Sumsum Tulang dipercaya akan menambah rasa segar di badan sekaligus akan memberikan asupan kalsium dalam jumlah banyak sekaligus protein. Hal ini dipercaya merupakan asupan makanan yang baik bagi para penderita osteoporosis. Demikian juga makanan ini sangat baik bagi orang yang sedang menderita cedera tulang. Bahkan makanan semacam ini juga dipercaya membantu kecerdasan otak. Tidak mengherankan jika Sup dari Rumah Makan Pak Thony ini banyak didatangi orang karena memang di samping memberikan kemanjaan pada lidah juga memberikan kemanfaatan yang baik bagi tubuh, khususnya tulang di dalam tubuh.

Memasak tulang muda dan sumsum bukan perkara mudah. Proses memasak bahan-bahan itu cukup lama. Untuk sumsum sendiri paling tidak dibutuhkan waktu selama 5 jam. Sedangkan untuk tulang muda dibutuhkan waktu 2-3 jam. Demikian menurut keterangan Widyastuti Sulistyaningsih (26) selaku istri dari Mohammad Hendrik Anthony (Pak Thony) (29).

Sampai sejauh ini Pak Thony tidak pernah merasakan kesulitan untuk bahan baku bagi proses produksi rumah makannya karena penyetor bahan memang telah ada. Dalam sehari-harinya Pak Thony paling tidak membutuhkan 30-40 batang tulang sapi (bagian kaki) di samping tulang-tulang muda. Untuk berasnya paling tidak ia membutuhkan 6-7 kilogram beras. Rumah makannya akan ramai kunjungan pada jam-jam makan siang. Sementara pada hari liburan sekolah lebih ramai lagi. Untuk tidak mengecewakan penikmat kuliner maka rumah makan ini tetap buka di hari Sabtu maupun Minggu. Rumah makan ini mulai buka pada jam 08.00-21.00 WIB. Sup Sumsum dan Tulang Muda ? Coba saja Rumah Makan Spesial Sup Pak Thony.

Makan yuk ..!

a.sartono

KULINER Jakarta