Ragusa Es Italia Yang Tak Termakan Waktu

07 Nov 2015

Salah satu keunggulan es krim Ragusa yang paling terasa adalah tidak menggunakan bahan pengawet dan menggunakan susu sapi murni, sehingga es krim ini cepat mencair namun rasanya tetap segar.

Ragusa Es Italia berada di salah satu “ruko” kuno yang berderet di Jalan Veteran 1, Jakarta Pusat. Ketika memasuki bangunan tua tersebut, terasa sekali suasana tempo dulu yang masih dipertahankan oleh pemiliknya.

Di dalam resto atau kafe khusus es krim itu terdapat kursi-kursi yang terbuat dari rotan dengan model kuno dan meja yang sederhana. Di dinding resto terpasang foto-foto hitam putih yang menggambarkan rupa-rupa es krim Ragusa, dan potret sudut-sudut kota Jakarta zaman dulu. Terlihat pula mesin es krim kuno di balik kaca dapur pembuatan es krim tersebut.

Meski sudah banyak toko es krim yang lebih bagus dan nyaman karena ber-AC, Ragusa tetap tidak kehilangan pelanggan dan penikmatnya. “Rasanya dari dulu masih sama enaknya, rasanya berbeda dari es krim lain, saya sudah berlangganan sejak saya masih kecil,” kata Samuel (36), pembeli asal Jakarta yang sedang mengantri.

Banyak pelanggan yang terus menerus datang sore itu. Mereka rela mengantri panjang hingga keluar bangunan untuk menikmati rasa es krim zaman lampau tersebut. Rasa lelah mengantri panjang pun terbayar sudah ketika merasakan sensasi es krim Ragusa. Es krimnya tidak terlalu manis, dengan tekstur yang sangat halus dan dilengkapi taburan kacang yang agak manis dan agar kering warna-warni berasa buah, merupakan perpaduan rasa yang sangat pas.

Cita rasa es krim ini memang berbeda dengan es krim di tempat lain. Resepnya pun dijaga ketat kerahasiannya. Salah satu keunggulan es krim Ragusa yang paling terasa adalah tidak menggunakan bahan pengawet dan menggunakan susu sapi murni, sehingga es krim ini cepat mencair namun rasanya tetap segar.

Pilihan menu nya terdapat gambar es krim yang sangat beragam, ada banana split, special mix, spaghetti ice cream, cassata siciliana, tutti frutti, chocolate sundae, lemon ice, cola float dan nougat. Harga es krim tersebut mulai dari Rp 15.000 – Rp 35.000.

Dalam catatan Wikipedia, Ragusa Es Italia didirikan oleh dua orang bersaudara berkebangsaan Italia yang bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Semula mereka datang ke Batavia untuk belajar menjahit di daerah Jakarta Pusat tahun 1930. Namun ketika lulus, justru mereka melihat peluang lain. Mereka memanfaatkan peluang dari seorang kenalan asal Eropa yang memiliki peternakan sapi dan memberikan mereka banyak susu sapi. Mereka membuka toko es krim Ragusa yang pertama dan dibantu oleh 3 saudaranya di Jalan Pos (sekarang Jalan Naripan), Bandung.

Dalam menjalankan usahanya di Jakarta, Ragusa bersaudara dibantu oleh Jo Giok Siaw (Yo Giok Siang) teman di sekolah menjahit yang berketurunan Tionghoa. Mereka mulai menjual es krim di Pasar Gambir (Jakarta Fair) pada tahun 1932. Namun karena tempat tersebut hanya ramai setahun sekali, akhirnya mereka membuka kafe yang menjadi pusat pembuatan dan penjualannya di Citadelweg (sekarang Jalan Veteran I no. 10), Jakarta Pusat pada tahun 1947.

Persahabatan Jo Giok Siaw dan Ragusa bersaudara berlanjut, bahkan hingga terjalin persaudaraan ketika salah seorang dari lima bersaudara Ragusa, yaitu Francesco Ragusa menikah dengan anak putri Jo Giok Siaw. Pada tahun 1970-an, Ragusa bersaudara pindah ke Grottaglie, Taranto, Italia dan menyerahkan usaha es krim mereka ke putra Jo Giok Siaw yang bernama Buntoro Kurniawan (Yo Boen Kong) dan istrinya Sias Mawarni (Lie Pit Yin).

Dalam perjalanan yang dirintis mereka, Ragusa Es Italia sempat memiliki 22 cabang toko es krim. Namun akibat kerusuhan tahun 1998, banyak toko mereka dirusak dan dibakar massa. Saat ini masih ada tiga cabang Ragusa yang tersisa, yaitu di Duta Merlin (Jakarta), arena Pekan Raya Jakarta (setahun sekali), dan di Cipanas (Jawa Barat).

Naskah dan Foto: Marcellina Rosiana

Ragusa Es Italia, Jl Veteran1, Jakarta, foto: Marcellina Rosiana
Ragusa Es Italia, Jl Veteran1, Jakarta, foto: Marcellina Rosiana
Ragusa Es Italia, Jl Veteran1, Jakarta, foto: Marcellina Rosiana
Ragusa Es Italia, Jl Veteran1, Jakarta, foto: Marcellina Rosiana
Ragusa Es Italia, Jl Veteran1, Jakarta, foto: Marcellina Rosiana
Ragusa Es Italia, Jl Veteran1, Jakarta, foto: Marcellina Rosiana
KULINER