Tandange Kaya Sikatan Nyamber Walang

23 Oct 2013

Bothekan

Tandange Kaya Sikatan Nyamber Walang

Pepatah tersebut untuk menggambarkan orang yang sangat terampil, gesit, atau cekatan dalam melakukan aktivitas atau kegiatan.

Tandange Kaya Sikatan Nyamber Walang

Pepatah Jawa tersebut secara harafiah berarti gerak/aktivitas/sepak terjangnya seperti (burung) sikatan menyambar belalang.

Sikatan adalah sejenis burung yang dulu umum terdapat di Jawa (dan mungkin di tempat lain). Burung Sikatan sering disebut juga Srikatan. Menurut beberapa sumber jenis burung Srikatan ini mencapai sekitar 47 jenis. Selain dikenal dengan nama Srikata/Sikatan burung jenis ini juga dikenal dengan nama Burung Kapasan atau white throated fantail.

Jenis burung ini dikenal sangat lincah dan aktif bergerak. Burung ini tangkas dan gesit sekali dalam menangkap mangsa yang umumnya berupa serangga berukuran kecil. Burung Sikatan di Jawa masa lalu umumnya sering ditemukan di kebun-kebun yang berdekatan dengan rumah penduduk atau di seputaran kandang sapi, kambing, atau kerbau. Di tempat-tempat semacam itu memang terdapat cukup banyak serangga.

Pepatah tersebut untuk menggambarkan orang yang sangat terampil, gesit, atau cekatan dalam melakukan aktivitas atau kegiatan. Penggambaran Sikatan nyamber walang umumnya dikenakan pada orang yang dengan sangat cepat melakukan tindakan atau aksi. Entah itu misalnya dalam dunia olahraga atau dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam suatu peristiwa tentang begitu cepatnya orang menangkap atau merebut sesuatu yang memang diperebutkan, misalnya dalam perebutan/rayahan gunungan.

Pepatah itu dapat juga diterapkan pada aktivitas negatif seperti misalnya ada pencopet yang sangat cepat melakukan aksi pencopetan. Bisa juga diterapkan pada orang yang melakukan korupsi begitu ada kesempatan. Begitu ada kesempatan orang tersebut langsung menyikat dana atau anggaran dengan suatu tindakan yang menurutnya tidak bisa diketahui oleh orang lain.

Berdasarkan penggunaan, pepatah tersebut bisa untuk menggambarkan aktivitas yang bersifat baik ataupun buruk.

A.Sartono

Jakarta