Rujukan untuk Mengenal Semua Suku Bangsa Indonesia

31 Aug 2016

Judul            : Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia

Penulis          : Dr. Zulyani Hidayah

Penerbit        : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015, Jakarrta

Bahasa         : Indonesia

Jumlah halaman : xxii + 470

Suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan dari golongan sosial lainnya karena mempunyai ciri-ciri yang paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal-usul, tempat asal dan kebudayaannya. Sebuah peta suku bangsa adalah suatu perpaduan antara informasi keberadaan suku bangsa dengan informasi tentang ruang mereka secara geografis. Ruang geografis yang paling umum adalah daerah asal atau wilayah pemukiman komunitas adat mereka.

Sebuah suku bangsa dianggap ada jika ada pengakuan dari warga suku bangsa itu sendiri, dan suku-suku bangsa lain di sekitarnya. Pengakuan dapat terjadi karena ada ciri-ciri yang menonjol sebagai pembeda. Misalnya adat istiadat atau corak budaya yang sering dijadikan simbol jati diri suku yang bersangkutan.

Indonesia adalah negara dengan berbagai suku bangsa. Keanekaragaman suku bangsa yang menjadi komponen-komponen masyarakat Indonesia merupakan sebuah aset budaya yang tak ternilai harganya. Ratusan suku bangsa tersebut mendiami berbagai pulau yang ada, dan hidup dengan cara masing-masing.

Buku ini sangat “lengkap”, menggambarkan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia, baik yang jumlahnya cukup besar sehingga lebih dikenal maupun yang jumlahnya sedikit sehingga kurang dikenal. Penjelasan tersebut antara lain tentang tempat tinggal, bahasa, mata pencaharian ataupun kebiasaan sehari-hari.

Kusalamani

EDUKASI