Mempelajari Perjalanan Hidup Kota

08 Aug 2016

Judul             : Pengantar Sejarah Kota

Penulis                   : Purnawan Basundoro

Penerbit         : Ombak, 2012, Yogyakarta

Bahasa                 : Indonesia

Jumlah halaman  : xvii + 264

Kota merupakan salah satu bentuk ruang yang menampung berbagai macam aktivitas manusia, sejak dulu hingga sekarang. Agar suatu tempat dapat berkembang menjadi kota diperlukan syarat-syarat tertentu. Yaitu faktor ekologi (mencakup kebutuhan air dan pangan), juga dukungan teknologi dan organisasi sosial yang mantap. Mempelajari kota berarti mempelajari manusia, hidup matinya, cara dan usahanya dalam mengolah berbagai sistem maupun subsistem dalam kebudayaan mereka.

Ada beberapa hal yang menarik dalam sejarah kota. Yaitu tentang perkembangan ekologi kota, transformasi atau perubahan sosial ekonomi, sistem sosial, problem sosial dan mobilitas sosial. Kelimanya saling berkaitan. Kota merupakan tujuan urbanisasi terbesar di seluruh dunia. Banyak orang menuju kota untuk mengadu nasib. Banyaknya orang yang mendatangi kota, tentu saja menimbulkan masalah tersendiri. Permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi antara lain  tempat tinggal, kesehatan, dan lapangan pekerjaan. Ketika semua belum atau tidak bisa teratasi yang timbul akhirnya adalah kemiskinan.

Buku ini memuat penjelasan mengenai model dan metode dalam mempelajari kota secara rinci dan jelas. Juga contoh-contoh terjadi dan berkembangnya kota, serta permasalahan yang dihadapi. Dan bisa jadi suatu kota akhirnya tidak berkembang menjadi besar tetapi mengecil atau bahkan lenyap. Hal ini bisa disebabkan oleh bencana atau ditinggalkan penghuninya karena dianggap sudah tidak menguntungkan.

Kusalamani

EDUKASI