Kumpulan Cerita Klasik dari Berbagai Daerah

29 Apr 2016

Judul             : Kumpulan Cerita Klasik (dalam Naskah Kuno) Koleksi Perpustakaan Nasional RI

Penulis                   : Nindya Noegraha, dkk

Penerbit         : Perpustakaan Nasional RI, 1996/1997, Jakarta

Bahasa                  : Indonesia

Jumlah halaman  : iv + 500

Cerita klasik adalah salah satu kekayaan budaya yang telah ada sejak lama, yang besar kemungkinannya bersumber pada tradisi lisan. Tradisi lisan ini kemudian dikemas dalam tradisi tulis sesuai dengan bahasa dan juga huruf masing-masing daerah. Bentuknya bisa syair atau prosa. Cerita klasik tertulis ini umumnya disebut naskah kuno.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) menyimpan naskah kuno dari berbagai daerah di Indonesia. Naskah kuno merupakan warisan budaya yang perlu diselamatkan dan diungkapkan pesan kandungan isinya, bukan hanya fisiknya saja yang diselamatkan. Alih huruf dan penerjamahan ke dalam bahasa Indonesia adalah salah satu cara yang dilakukan.

Dalam hal alih huruf dan penerjemahan ada syarat-syarat  tertentu yang harus dipenuhi. Di antaranya naskah berkadar cerita mendidik, berwawasan sosial budaya luas, langka, secara fisik sudah mengkhawatirkan, isinya masih releven dengan saat ini dan dapat menambah wawasan jati diri bangsa.

Buku ini memuat enam cerita klasik yang dianggap memenuhi syarat-syarat di atas. Yaitu naskah Batak berjudul Nonang Siriboeron (Terjadinya Bumi), naskah Bugis berjudul Pappasena Abdul Bada (Cerita/Kisah Abdul Bada), dan naskah Melayu dengan judul Aneka Cerita, Syair Putri Akal, Syair Burung dan Hikayat Raja Dentajaya dari Sentapuri.

Dengan mempelajari naskah cerita klasik tersebut, di samping ikut melestarikan juga dapat untuk mengetahui pola pikir dan juga tata cara masyarakat di masa lalu. Serta dapat memilih mana sajakah yang masih dapat diterapkan untuk saat ini. Karena cerita-cerita klasik itupun sebenarnya dapat dijadikan filter atau penyaring terhadap pengaruh luar yang tidak sesuai budaya bangsa.

Kusalamani

EDUKASI