Eksotisme Amphiteater Tembi Rumah Budaya

01 Aug 2016

Amphiteater merupakan salah satu spot luar ruangan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Merujuk pada aspek historisnya amphiteater sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Secara epistemologi amphiteater berasal dari kata amphitheatron, amphi berarti ‘pada kedua sisi atau sekitar’ dan theatron berarti 'tempat untuk menonton’. Amphiteater didefinisikan sebagai tempat terbuka (open-air venue) yang digunakan untuk kepentingan hiburan, pertunjukan, dan olahraga. Bentuknya bermacam-macam, ada yang oval ada pula yang setengah lingkaran.

Amphiteater yang terdapat di Tembi Rumah Budaya terletak di ujung utara bangunan dan memiliki bentuk setengah lingkaran. Amphiteater yang setidaknya mampu memuat hingga 150-an orang ini memiliki banyak fungsi, antara lain untuk pertunjukan musik, tari, sastra, hingga setting foto pre-wedding. Berbagai event telah sukses digelar di sini: Festival Musik Tembi, Sastra Bulan Purnama, “Angin Silir Ujung Kemarau” yang menghadirkan Silir Pujiwati, pementasan “Suara Awan” oleh Bandaneira dan kawan-kawan, recital perdana kelompok musik Duo BaJo, bahkan perayaan hari ulang tahun direktur Tembi Rumah Budaya juga beberapa kali digelar di tempat ini. Amphiteater Tembi Rumah Budaya adalah saksi sejumlah peristiwa yang menjadi bagian sejarah dari Tembi Rumah Budaya itu sendiri.

Tanpa mengesampingkan aspek fungsionalnya, amphiteater di Tembi Rumah Budaya memiliki sisi lain yang dapat dimaknai secara personal sekaligus religius. Ambillah sejenak waktu untuk duduk diam dan menghayati keindahan alam yang ditawarkan di tempat ini. Sejauh mata memandang, hamparan sawah hijau yang mengelilingi area amphiteater Tembi Rumah Budaya sanggup memberikan sebuah kesejukan. Pandanglah cakrawala membentang yang dibalut dengan cahaya mentari serta dengarkan suara alam yang berbicara dengan caranya masing-masing. Menikmati suasana alam di sini mau tak mau mengingatkan akan kerdilnya keberadaan kita sebagai manusia dan besarnya kuasa Ilahi atas dunia. Sejatinya, eksotisme amphiteater Tembi Rumah Budaya adalah anugerah, suasana yang ia hadirkan sungguhlah nikmat untuk berkontemplasi, berefleksi diri sekaligus beristirahat sejenak dari kepenatan dunia. 

Naskah dan foto: Adindachristya

Amphiteater Tembi Rumah Budaya, foto: Adindachristya
Amphiteater Tembi Rumah Budaya, foto: Adindachristya
EDUKASI