Dalem Kanjengan yang Memprihatinkan Kondisinya

30 Jul 2016

Ada beberapa bangunan penting selain kompleks makam raja-raja Mataram (Surakarta dan Yogyakarta) di Imogiri yang keberadaannya tidak terpisahkan dari kompleks makam raja-raja itu. Salah satu bangunan itu adalah Dalem Bupati Jurukunci Bagian Surakarta yang lebih dikenal dengan nama Dalem Kanjengan. Dalem Kanjengan ini berada di Dusun Ketandan, Kelurahan Imogiri, Kecamatan Imogiri.

Letak pintu gerbang Dalem Kanjengan berada dalam satu poros utara-selatan dengan pintu gerbang Pasar Imogiri lama dengan rentang jarak sekitar 100 meter. Lokasi ini dapat dijangkau melalui Terminal Giwangan ke selatan dan kemudian masuk ke Jl Imogiri Timur terus ke selatan hingga masuk Jl Makam Suci Imogiri. Setelah sampai di depan gerbang Pasar Imogiri lama pengunjung dapat mengikuti gang di utara/depan (arah kiri) dari gerbang tersebut hingga mentok, masuk ke kompleks Dalem Kanjengan. Kompleks Dalem Kanjengan ini berbatasan dengan rumah-rumah penduduk di sisi kanan-kiri dan belakang. Sedangkan pada sisi depan berhadapan langsung dengan gang besar yang mengarah ke halaman Dalem Kanjengan.

Dalem Kanjengan merupakan salah satu bangunan penting dalam kaitannya dengan kompleks Pajimatan Imogiri yang terkena dampak gempa besar Yogyakarta, 27 Mei 2006. Hingga kini bangunan yang sudah direhab baru bangunan yang berupa Kuncungan dan Pendapa saja. Sementara bangunan-bangunan lain di kompleks Dalem Kanjengan tersebut seperti dalem ageng, pawon (dapur), kantor, pringgitan, gapura, dan pagar keliling berada dalam kondisi mengkhawatirkan. Bahkan bangunan berupa bale kambang untuk saat sekarang bisa dikatakan sudah tidak ada sama sekali. Sedangkan bangunan yang berupa gandok dan gedogan (kandang kuda) memang tidak ada. Demikian menurut keterangan Samsudi Lumakso (55) dan Gito Wisastro (52) yang menjadi abdi dalem jurukunci berpangkat lurah di tempat ini.

Dalem Bupati Jurukunci bagian Surakarta yang disebut Dalem Kanjengan ini memang digunakan sebagai rumah dinas abdi dalem berpangkat bupati yang mempunyai tugas khusus untuk mengelola makam raja-raja Mataram, khususnya dari keluarga raja-raja Mataram Surakarta. Pengelolaan itu antara lain meliputi penjagaan, perawatan kebersihan, upacara-upacara, perijinan kunjungan, pelayanan para peziarah, membuat undangan jika ada berita kematian, penyiapan tempat jika ada raja wafat, dan sebagainya.

Dalem Bupati Jurukunci bagian Surakarta ini dikenal dengan nama Dalem Kanjengan karena orang yang tinggal di tempat ini berpangkat bupati, yang sering disebut dengan nama kehormatan: kanjeng.

Naskah dan foto: asartono

Kompleks Dalem Kanjengan Imogiri dilihat dari sisi kanan/barat-selatan, difoto: 26 Juli 2016, foto: a.sartono
Bangunan di sisi kiri Ndalem Ageng Kanjengan yang difungsikan sebagai kantor, difoto: 26 Juli 2016, foto: a.sartono
Pendapa yang telah diperbaiki di Dalem Kanjengan, difoto: 26 Juli 2016, foto: a.sartono
Kondisi Ndalem Ageng Kanjengan yang hingga kini belum diperbaiki, difoto: 26 Juli 2016, foto: a.sartono
Gerbang Utama Dalem Kanjengan, difoto: 26 Juli 2016, foto: a.sartono
Sisi lain Ndalem Ageng Kanjengan yang masih belum diperbaiki dari kerusakan akibat gempa 27 Mei 2006, difoto: 26 Juli 2016, foto: a.sartono
EDUKASI