In Memoriam Jon Batik Si Pemetik Gitar

23 Jun 2016

Jon, tak pernah lepas dari gitar. Pada banyak pembukaan pameran di Yogya, seringkali dia tampil dengan petikan gitar untuk mengisi acara. Dia banyak hadir dan terlibat pada pembukaan pameran gallery-gellery di Yogya, dan selalu ringan tangan membantu, bahkan dengan tulus membantu teman-teman yang akan pameran.

Beberapa kali petikan gitar Jon Batik, atau Victor Sarjono mengisi pembukaan pameran di Tembi Rumah Budaya. Penampilannya khas, mengenakan topi dan tali gitar melingkar di tubuhnya. Petikan gitarnya seperti mengisi rasa rindu pada hadirin yang hadir dalam pembukaan pameran, dan disitu ada Jon tampil memetik gitar.

Kabar mengejutkan datang dari teman-teman, bahwa Victor Sarjono (59 th), atau Jon Batik ini meninggal pagi hari 9 Juni 2016  dan dimakamkan siang hari jam 14.00 pada hari yang sama. Tentu saja, kabar itu mengejutkan teman-temannya, karena tidak mendengar bahwa dia menderita sakit, lebih-lebih opname di Rumah Sakit. Bahkan dikabarkan, sebelulmnya dia bertemu dengan sahabat seniman lainnya.

Media jejaring sosial, pada pagi hari menyampaikan kabar Jon Batik meninggal, segera kabar itu  bergulir di antara teman-teman seniman lainnya. Jon pergi begitu cepat, sehingga membuat orang lain terkejut mendengarnya.

Jon dan gitar seperti tak bisa dipisahkan. Di mana ada pembukaan pameran dan disitu ada Jon yang mengisi, tentu petikan gitarnya segera dikenali. Jon memang tidak membawakan lagu karyanya sendiri, atau lagu puisi, melainkan lagu-lagu yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Lagu-lagu Bob Dylan sering mengalun dan petikan gitarnya mengiringi.

Tentu, Jon tidak memabayangkan dirinya sebagai Bob Dylan, atau penyanyi lain yang juga memetik gitar, Jon adalah dirinya sendiri yang selalu siap untuk mengisi pembukaan pameran yang diselenggarakan oleh teman-teman perupa. Terlihat, Jon dengan senang hati mengalunkan lagu-lagu yang secara umum sudah dikenal.

Rupanya, Jon tidak hanya tampil  pada pembukaan pameran, tetapi juga mengisi acara lain, yang tidak bersentuhan dengan seni rupa. Suatu kali, pada resepsi perkawinan, yang mantu kebetulan seorang wartawan senior di Yogya dan Jok kenal baik dengan yang punya gawe itu, dan kepiawaian Jon memetik gitar diminta untuk tampil dalam resepnsi itu.

Suatu hari, di tengah malam, saya bertemu Jon bersama teman perupa lainnya, di warung bakmi Jawa di jalan Wates Km 2, tepatnya di barat Wirobrajan. Rupanya, Jon bersama temannya, seorang perupa, sedang selesai, sebut saja rapat, bersama dengan teman-teman perupa lainnya, untuk mempersiapkan pameran di Tembi Rumah Budaya, dan tentu saja, Jon akan tampil dengan gitarnya.

Begitulah Jon, yang ditengah malam seringjkali belum sampai rumah, dan berulangkali saya bertemu dia di tengah malam di tempat berbeda-beda, dan dia selalu menyapa sambil tersenyum. Topi tetap dibiarkan di atas kepalanya.

Selamat jalan Jon, di surga saya kira kamu masih terus memetik gitar.

Ons Untoro

Victor Sarjono atau Jon Batik sedang memetik gitar di Pendhapa Tembi Rumah Budaya saat pembukaan pameran Kelompok Daun Pintu, foto: Dok Tembi
BERITA BUDAYA