Konon Prabu Siliwangi Keturunan Nabi Adam

14 Mar 2015

Adalah hal yang biasa bahwa penguasa-penguasa kerajaan masa dulu (raja, bupati) membuat silsilah seperti itu. Salah satu tujuanya adalah untuk melegitimasi kekuasaan, dan supaya semakin berwibawa di mata rakyatnya.

Judul : Punika Sajarah Sadaya Kang Tedak saking Kangjeng Nabi Adam 
Penulis : Tim Museum Nasional 
Penerbit : Depdikbud, 1982, Jakarta 
Bahasa : Jawa Banten, dengan keterangan bahasa Indonesia 
Jumlah halaman : 92

Naskah ini merupakan uraian tentang asal usul keturunan raja-raja dan para bupati yang berasal atau mempunyai silsilah dengan Nabi Adam sampai Prabu Siliwangi dari Pajajaran. Keturunan Prabu Siliwangi inilah yang kelak menjadi raja atau pun bupati di daerah Priangan, Cirebon, Banten dan Mataram.

Ceritanya memang berbelit-belit dan tidak masuk akal, sehingga kebenaran atau fakta sejarahnya diragukan.Walaupun demikian, naskah ini bisa menjadi salah satu sumber sejarah karena ada beberapa cerita faktual di dalamnya. Misalnya pemberontakan Dipati Ukur terhadap Sultan Mataram, dan masuknya Islam ke Kerajaan Pajajaran.

Adalah hal yang biasa bahwa penguasa-penguasa kerajaan masa dulu (raja, bupati) membuat silsilah seperti itu. Salah satu tujuanya adalah untuk melegitimasi kekuasaan, dan supaya semakin berwibawa di mata rakyatnya sehingga tidak ada yang berani melawan atau memberontak.

Baca yuk ..!

MKusalamani